Selasa, 10 November 2015

BERAS CERDAS

BERAS CERDAS


Hayo..ada yang tahu ini beras apa? Ini namanya beras cerdas. Bentuk beras cerdas ini mirip sekali dengan beras padi. Tapi ini bukan terbuat dari padi, melainkan dari beberapa campuran tepung umbi-umbian. Antara lain tepung mocaf yang berasal dari singkong yang telah difermentasi, tepung jagung dan susu skim bubuk. Kandungan gizi beras cerdas ini luar biasa dan bikin cepat kenyang, jadi cocok banget untuk diet dan penderita diabetes. Kenapa bisa gitu?
Pabrik beras cerdas yang kali ini unyil datangi berlokasi di Jember, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Nah, kita lihat prosesnya! Pertama, chip singkong digiling menjadi tepung mocaf(modified cassava flour) adalah tepung dari singkong yang telah difermentasi dengan memanfaatkan mikroba, sehingga warna tepung lebih putih dan aroma singkongnya pun berkurang. Kemudian chip singkong dimasukkan yang banyak ke dalam mesin giling. Mesin giling ini mampu menggiling 100 kg chips singkong menjadi 90kg tepung mocaf. Nah, tepung mocaf sudah jadi! Selain tepung mocaf, kita butuh tepung jagung dan susu skim bubuk. Ketiga bahan harus ditimbang. Dari ketiga bahan, komposisi mocaf lebih banyak dari kedua bahan lain. Sekarang tepung jagungnya ditimbang. Tepung jagung ini berasal dari jagung yang telah digiling. Singkong dan jagung adalah tanaman yang mudah diperoleh di berbagai daerah di Indonesia. Jadi, berasa cerdas ini bisa mengurangi ketergantungan terhadap beras padi. Kemudian jangan sampai lupa skim bubuknya, tambahan susu skim ini sebagai sumber protein pada beras cerdas. Oke, sekarang kita lanjut ke tahap pencampuran. Ketiga bahan yang sudah ditimbang siap dicampur. Lalu tepung mocaf, tepung jagung, dan susu skim dimasukkan ke dalam mesin pencampur. Aduk-aduk sampai tercampur rata, selagi menunggu kita lihat pembuatan satu bahan tambahan lagi.
Kemudian dibuat bahan pengemulsi, timbang bahan-bahan seperti garam dan minyak goreng, jangan lupa masukkan juga GMS, bahan yang bisa menyatukan semua bahan-bahan tadi. Masukkan satu persatu ketiga bahan ke dalam wadah berisi air, lalu aduk memakai mesin blender. Bahan pengemulsi inilah yang akan menghaluskan adonan beras cerdas. Bahan pengemulsi ini juga mebantu menyatukan tepung jagung dan tepung mocaf, sehingga terbentuaklah adonan beras cerdas ini. Jika sudah, sekarang saatnya mencetak beras cerdasnya. Masukkan adonan ke dalam mesin pencetak beras. Teknologi ini dikenal dengan nama ekstrusi. Panaskan adonan pada sushu delapan puluh derajat selsius, lalu tekan adonan melewati cetakan. Nah, adonan berubah bentuk menjadi seperti beras! Warnakuning pada beras ini berasal dari tepung jagung, jadi warnanya memang alami. Dalam sehari, pabrik ini mampu membuat 300 kg beras cerdas. Sekarang, kita jemur beras cerdas dibawah sinar matahari sampai kering. Setelah kering, siap dikemas!
Dalam satu kemasan dihargai 15rb rupiah saja. Tidak hanya dijual di daerah Jawa Tengan dan Jawa Timur saja, berass cerdas ini juga sudah dijual ke Kalimantan. Beras cerdas kaya kandungan serat, anti oksidan, vitamin, mineral, dan folat. Apalagi, beras cerdas ini tergolong karbohidrat komplek karena molekulnya lebih kompleks, jadi lebih lama dicerna. Maka dari itu kenaikan glukosa darah jadi lebih lambat, cocok untuk penderita diabetes. Sekarang kita lihat cara masak beras cerdasnya!
Sedikit berbeda, air harus dimasak terlebih dahulu, baru masukkan beras cerdasnya, karena bahan dasarnya tepung, kalo terlalu lama dimasak bersama air berasnya bisa hancur. Setelah matang, baru bisa diolah menjadi berbagai masakan, salah satunya nasi goreng. Ga hanya nasi goreng, berbagai macam masakan bisa kita masak memakai nasi beras cerdas. Jadi laper kan? Nah ayo cobain beras cerdasnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar