Selasa, 10 November 2015

Hydro Micro Dan Solar Water Pumping Dari Sumba

Hydro Micro Dan Solar Water Pumping Dari Sumba


Di bagian timur Indonesia ada salah satu daerah namanya Sumba, Sumba termasuk pulau kecil yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Nggak salah kalau Sumba masih terbatas dalam sumber daya manusianya, di sebagian besar wilayahnya saja belum terjangkau oleh listrik. Padahal Sumba memiliki kekayaan alam yang melimpah.
waterpumping
Di sumba ada sebuah lembaga sosial masyarakat asal Belanda mengajak masyarakat Sumba untuk memanfaatkan energi alam, yang menciptakan listrik bertenaga Mikro Hidro, yaitu energi untuk menggerakkan turbin yang berasal dari air irigasi, air terjun, dan sungai.
Sistem Mikrohidro ada tiga komponen yaitu air, sumber energi turbin, dan generator. Gerakannya ini menghasilkan energi listrik, dan hasil listriknya bisa menyuplai kebutuhan listrik di lima kampung, wah hebat kan hihi
waterpumping
Masih ada lagi kelebihannya, jika listrik berkurang tinggal kontak saja melalui intercom. Jadi masyarakat nggak perlu susah bolak-balik kesini loh. Selain energi hidro micro ada lagi inovasi solar water pumping di sumba ini. Pompa air tenanga surya ini mampu mengalirkan air dari sumber air menuju tempat lain.
waterpumping
Tenaga yang dipakai untuk menggerakan pompa airnya dari tenaga cahaya matahari dan cukup menambah alat yang bernama solar panel. Cara kerjanya : matahari memancar sinar panasnya ke permukaan solar panel akan menghasilkan energi listrik. Dan pompa air akan menyedot air danau untuk ditampung ke dalam bak besar.
waterpumping
Berkat air yang mudah diperoleh, lahan di sumba ini sudah bisa digunakan oleh petani di desa ini dan dapat menghasilkan sumber pangan yang sehat segar dan higienis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar