Selasa, 10 November 2015

BONEKA MINI IMITASI

BONEKA MINI IMITASI


Wah, kok ada boneka yang ga berhenti geleng-geleng tuh! Tapi bentuknya lucu-lucu ya, mirip dengan benda atau makhluk aslinya. Nah, kali ini kita membahas barang-barang mungil dan berkarakter yaitu boneka PVC replika.  Kalau boneka PVC replika ini, jelas berkarakter dong. Siapa yang pernah lihat boneka geleng-geleng yang biasa menempel di mobil, pasti kalian menyangka boneka terserbut menggunakan baterai. Padahal ga sama sekali, ternyata boneka tersebut geleng-geleng karena ada pemberat dan peer. Asalkan ada getaran, boneka akan selalu bergerak. Kerennya lagi, boneka PVC ini adalah buatan dalam negeri, bukan impor.
PT Narang Raya Indonesia, adalah pabrik yang memproduksi boneka dan replika. Pabrik ini berdiri sejak tahun 1992 dan telah memproduksi ribuan jenis model boneka dan replika. Ternyata boneka-boneka lucu ini terbuat dari bahan plastik jenis PVC Resin, serta campuran antioxide yang aman untuk anak-anak. Langsung saja lihat proses dibuatnya, awalnya desain detail tiap lekukan dan ekspresi replika oleh pembuat model. Pembuat model merancang begitu detail boneka yang akan dibuat lewat tanahn liat. Model utama alias model master ini yang akan dijadikan cetakan boneka. Makanya baik buruk kualitas boneka yang dihasilkan tergantung dari pembuat model ini. Bila desain dan cetakan sudah siap, proses selanjutnya adalah penyiapan bahan. Campur bahan PVC Resin dan antioxide dengan pewarna dan bahan lain, sesuaikan dengan bentuk boneka yang akan dibuat. Kemudian diaduk rata, lalu masukkan ke dalam mesin vakum, fungsinya supaya adonan bahan tidak ada unsur udara-nya sehingga tidak ada lapisan yang menggelembung saat proses pencetakan. Setelah satu setengan jam di mesin vakum, cetak bahan baku yang sudah dicampur. Mudah sekali kok cara mencetaknya, tinggal buka kran berisi bahan baku lalu ratakan pada lubang cetakan.
Cara memastikan adonan bahan menempel ke cetakan dengan rata, gantung cetakan yang sudah berisi bahan lalu putar-putar dengan mesin pemutar. Kemudian posisikan cetakan secara terbalik supaya sisa adonan yang tidak menempel bisa kita tampung dan kita gunakan kembali. Selanjutnya, rapikan beberapa sisa hasil cetakan di bagian sisi dan ujung hasil cetakan. Baru deh cetakan yang sudah rapi bisa masuk proses pewarnaan. Beberapa model jenis boneka seperti bentuk hewan, tokoh kartun, dan pouch atau kantung sikat gigi kita warnai secara manual. Dari bentuk polos sekarang sudah berwarna tuh, keren kan! Oh iya, untuk boneka geleng-geleng, setelah proses peewarnaan masih harus kita beri aksesoris dan kawat. Pasang kawat di beberapa bagian yang berfungsi sebagai penggantung bagian kepala dan beri pemberat. Pemberat bagian kepala terbuat dari semen, fungsinya sebagai penggerak bagian kepala ketika boneka disentuh atau mengalami goncangan.
Pabrik yang berlokasi di Bekasi Timur, Jawa Barat ini mampu memproduksi boneka PVC berbagai model sebanyak empat belas ribu boneka per hari. Bahkan, beberapa model boneka sudah ada yang di ekspor ke beberapa negara seperti Australia dan Korea Selatan. Ini semua asli produk Indonesia loh! Keren kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar