Selasa, 10 November 2015

Falle, Perangkap Nyamuk Elektrik

Falle, Perangkap Nyamuk Elektrik


Waduh, kalau musim hujan begini pasti banyak nyamuk, deh. Bahaya nih kalau sampai terkena gigitannya. Apalagi gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang bisa menyebabkan demam berdarah. Hiii serem. Unyil kan nggak mau kena demam berdarah.
perangkap nyamuk elektrik
Nah, untuk mencegahnya Unyil sengaja beli teknologi pembasmi nyamuk ini, nih. Namanya “Falle”, yang dalam bahasa Jerman berarti perangkap. Alat ini dibuat oleh Andy Suryansyah dari Falle Technology yang berada di Malang, Jawa Timur. Alat ini akan memerangkap semua nyamuk namun tanpa residu atau sisa-sisa bahan kimia. Penasaran bagaimana cara kerjanya? Come on kita lihat!
Prinsip kerja nyamuk elektrik ini menggunakan gelombang elektromagnetik dan sinar ultraviolet yang dipancarkan dari alat. Fungsi gelombang dan sinar itu tentu saja untuk menarik perhatian nyamuk betina. Karena menurut penelitian nyamuk betinalah yang menghisap darah utuk mendapatkan nutrisi. Membunuh nyamuk betina juga bertujuan untuk memutus rantai pertumbuhan nyamuk tersebut. Biar nggak ada yang berkembang biak lagi, gitu.
perangkap nyamuk elektrik
Bagaimana cara menarik perhatian nyamuk betina? Hehehe…tentu saja dengan suara nyamuk jantan. Eits, suara nyamuk jantan ini bukan berasal dari nyamuk jantan asli. Tapi alat ini akan mengeluarkan suara dengan frekuensi yang sengaja dibuat sama seperti suara dengungan nyamuk jantan. Jika nyamuk betina mendekati suara nyamuk jantan, maka alat ini akan dengan cepat memerangkapnya. Kena perangkap alat pembasmi nyamuknya, deh!
perangkap nyamuk elektrik + Malang
Sekarang kita buat alatnya, yuk. Untuk bagian rangka dan bodinya, kita gosok dulu bahan kayu jati atau kayu deconya. Tambahkan dempul untuk menutup bagian-bagian berlubang dan sambungan kayunya. Jangan lupa beri tempat ntuk tombol dan kabel. Semprot dengan cat berwarna gelap, karena nyamuk suka dengan warna-warna gelap. Jadi bisa menarik perhatian nyamuknya deh.
perangkap nyamuk elektrik + Malang
Selanjutnya pasang jaring kejut yang terbuat dari bahan aluminium penghantar listrik pada rangka kayu yang sudah jadi. Bagian bodinya sudah jadi, deh. Sekarang kita rakit komponen elektroniknya. Pasang tombol on-off, pasang juga tempat lampu ultravioletnya. Dan juga sistem audio sonik dan kejut listriknya. Setelah dirakit semua, jadi deh alat perangkap nyamuk elektriknya dan siap untuk dijual ke seluruh Indonesia.
perangkap nyamuk elektrik
Alat ini ternyata punya tiga tipe. Pertama model Falle Deco, terbuat dari bahan Deco. Kedua Falle Jati yang terbuat dari kayu jati asli. Dan ketiga tipe Falle Batik yang terbuat dari bahan kayu jati dengan beraneka motif batik. Harganya bervariasi tergantung tipenya. Gimana Unyilers berminat mau beli juga? Hehehe.. 

5 komentar:

  1. mau beli. barusan aja td nonton unyil. brp harganya? ada websitenya kah?

    BalasHapus
  2. mau beli. barusan aja td nonton unyil. brp harganya? ada websitenya kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Meirna bisa pesan di www.falle-id.com harganya kisaran 300-500 ribu tergantung model dan bahan. Selamat berbelanja!

      Hapus
  3. Boleh tau ngga komponen2 yang digunakan apa aja?

    BalasHapus
  4. Boleh tau ngga komponen2 yang digunakan apa aja?

    BalasHapus