Selasa, 10 November 2015

Roket dari Barang Bekas

Roket dari Barang Bekas


Siapa yang pernah lihat pelepasan roket? Hihihi…Unyil belum pernah niih. Roket yang biasanya digunakan untuk mengirim satelit ini memang melesat sangat cepat dengan dorongan mesin di dalamnya. Keren ya kalau bisa menciptakan roket canggih ini.
roket barang bekas + Jember
Eits, tenang. Di Indonesia, ada lho kakak-kakak mahasiswa yang bisa membuat roket. Tapi membuatnya dari barang-barang bekas. Waah, kakak-kakak ini tahu aja ya memanfaatkan barang bekas yang masih bernilai.
Nah, kakak mahasiswa Poltek Jember, Jawa Timur ini mau berbagi rahasia pada Unyil gimana cara pembuatan roket ini. Langsung aja yuk kita ke tempat pembuatannya! Come on….!
roket barang bekas + Jember
Awalnya kita buat dulu desain roketnya. Untuk badan roket buat dengan menggunakan cetakan serat fiber. Dengan memanfaatkan potongan pralo bekas yang ditempeli selotip. Untuk bagian sayap kita gunakan serat karbon. Pasang bagian sayap ke badan roket. Setelah cetakan kering kita warnai dengan cat ya.
roket barang bekas + Jember
Selanjutnya ada barang bekas lainnya yaitu stereofoam yang akan digunakan sebagai penutup ujung roket. Bahan stereofoam yang ringan tidak akan membuat badan roket terbebani. Setelah diwarnai, kita lanjut ke mesin roketnya.
roket barang bekas + Jember
Untuk mesin roket, kakak-kakak mahasiswa ini menggunakan teknologi canggih. Ada baling-baling di bagian bawah roket, mesin ditopang dengan tenaga listrik dari baterai berkekuatan 4500 MAh. Sehingga roket dapat diatur lewat remote control. Didalam roket juga dipasang komponen XB untuk komunikasi jarak jauh dengan WiFi. Wah wah wah, canggih sekali deh pokoknya!
roket barang bekas + Jember
Jika mesin sudah dimasukkan, parasut juga masuk. Tutup dengan ujung roket dari stereofoam tadi. Sebelum diluncurkan kita tes dulu ya apakah mesinnya bekerja dengan baik atau tidak. Roket ini akan dibantu dengan launcher atau oeluncur yang berguna sebagai pelontar. Peluncur buatan kakak-kakak mahasiswa ini pernah menjadi juara nasional dengan kategori desain terbaik, lho. Roketnya sendiri juga telah beberapa kali memenangkan kejuaraan di tingkat Nasional. Hebat, ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar