Selasa, 10 November 2015

Sejarah Moto-GP Race

Sejarah Moto-GP Race


Moto-GP Race adalah balapan motor internasional yang berlangsung setiap tahun dalam 18 seri. Balapan sirkuit Sepang yang Unyil liput kali ini adalah balapan seri yang ke 17 di tahun 2014 lho teman.
Moto GP + Malaysia
Ada 22 pembalap yang ikut balapan di kelas Moto-GP ini dan terbagi menjadi 13 tim berbeda. Para pembalap ini tentunya memperebutkan posisi terdepan, dan dari hasil kualifikasi ini pada akhirnya menempatkan tiga pembalap Spanyol di gridterdepan. Pada posisi pertama ada Marc Marquez, dilanjutkan pada posisi kedua ada Dani Pedrosa, dan kemudian disusul dengan Jorge Lorenzo di posisi ketiga.
Sedangkan untuk posisi keempat ditempati oleh pembalap German yaitu Stefan Bradl, pada posisi kelima ada pembalap Italia yaitu Andrea Davizioso dan Valentino Rossi pada posisi ke enam. Marc Marquez juga sukses mencatatkan rekor lap tercepat di sirkuit Sepang ini dengan perolehan waktu satu menit 59 detik.
Moto GP + Malaysia
Moto-GP pada awalnya bernama GRAND PRIX MOTORCYCLE RACING yaitu sebuah lomba balap motor internasional yang diadakan pertama kali pada tahun 1949 oleh FIM (Federation Internationale de Motorcycleisme). Pada masa itu lomba balap motor masih terbagi dalam tujuh kelas yaitu kelas Motor Tunggal 50cc, 125cc, 250cc, 350cc, dan 500cc yang dikendarai oleh dua orang pembalap.
Moto GP + Malaysia
Sekarang hanya tersisa tiga kelas motor tunggal saja, yaitu kelas 125cc, 250cc dan 500cc. Pada saat ini kelas tertinggi 500cc berubah namanya menjadi kelas Moto-GP karena sudah menggunakan mesin 500cc. Pada tahun 2010 FIM mengganti kelas 250cc dengan kelas Moto-2 menggunakan mesin berkapasitas 500cc. sedangkan pada tahun 2012, kelas 125cc berubah menjadi kelas Moto-3 dengan menaikkan mesinnya menjadi 250cc. Hingga saat ini Valentino Rossi tercatat sebagai peraih gelar juara dunia Moto-GP terbanyak kedua setelah Giacomo Agostini dengan gelar juara sebanyak tujuh kali. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar