Selasa, 10 November 2015

GITAR CARVING

GITAR CARVING


Macam-macam Gitar Carving
 Jepara yaitu salah satu  kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan hasil ukiran dan pahatannya, yaitu gitar carving (karving) atau gitar ukir. Gitar carving memiliki bentuk yang keren-keren. Sebagai produsen gitar carving pertama di Jepara, usaha ini muncul sejak tahun 2000.
Tidak semua orang bisa membuat gitar bernilai seni tinggi seperti ini, karena membutuhkan ketelitian dan kesabaran untuk membuatnya. Cara membuat gitar carving yang pertama ialah menyiapkan kayu. Kayu yang digunakan yaitu kayu lokal, seperti Eboni dan Mahogani, juga kayu import, seperti Alder, Rosewood (Roswud) dan Mample (Mepel).
Lalu, kayu dipotong sesuai kebutuhan, baru cetak pola diatas kayu yang sudah terpotong. Kemudian oleskan lem pada kedua bagian dalam kayu yang sudah dipola yang menjadi bodi gitar. Disetiap ujungnya diikat kuat, dan tunggu sampai benar-benar merekat selama tiga jam.
Proses pemasangan dawai/senar
 Setelah itu gunakan mesin potong besar untuk mendapatkan hasil potongan rapi sesuai pola. Untuk menghasilkan permukaan kayu lebih halus, serut lagi sampai benar-benar membentuk bodi dan neck gitar yang diinginkan. Selanjutnya kita buat tanda berbentuk lingkaran di beberapa bagian bodi gitar. Tujuannya untuk penempatan beberapa komponen nanti.
Bodi dan Neck selanjutnya dicat sesuai selera, terakhir semprot cat yang fungsinya mengkilapkan gitar. Lalu jemur sampai benar-benar kering. Sampai sekarang, sudah ada puluhan desain gitar yang dibuat.
Tahap pemahatan
Bukan sembarang desain, setiap desain memiliki nilai cerita dan tema yang bersambung. Jadi, selain menonjolkan seni mengukirnya, gitar ini juga penuh makna dengan suguhan cerita tentang alam dan budaya Indonesia.
Selanjutnya  tahap pemahatan. Ada gitar yang dipahat dengan mencetak gambar, tapi ada juga yang dipahat langsung dengan sketsa yang sudah dibuat di bodi gitar. Pisau pahatnya beraneka ragam, fungsinya pun berbeda-beda tiap pisaunya.
Memahat dan mengukir gitar sampai tuntas, tidak bisa dilakukan dalam sehari. Bahkan, bisa sampai berminggu-minggu.
Dalam satu rangkain gitar, terdiri beberapa bagian. Diantaranya, bodi, neck, headstock, tuning page, pickups, tremolo, bridge, dan senar. Semua bagian dirangkai menjadi satu sampai membentuk gitar listrik yang utuh.
Gitar ini dijual mulai dari 5 juta sampai 25 juta rupiah. Tidak hanya di Indonesia, gitar ini  sudah sampai ke Amerika, Inggris, Belanda, Dubai, dan Malaysia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar