Selasa, 10 November 2015

TANK KOMODO PINDAD

TANK KOMODO PINDAD


   Wow, hebat ya Tank Komodo Pinad ini. Selain manuver yang dilakukan sangat gesit, kendaraan ini mempunyai kemampuan bertahan dari serangan musuh dengan mengandalkan bodi kendaraan yang anti peluru. Ga hanya bertahan, kendaraan tempur taktis ini juga mempunyai fire poweryaitu kekuatan untuk menyerang musuh dengan cara menembak balik. Ini adalah kendaraan tempur milik TNI Angkatan Darat, namanya KOMODO. Seperti nama binatang ya? Kenapa dianamakan komodo, karena kendaraan tempur ini sangat lincah, gagah, dan juga mematikan, sama seperti binatang komodo. Hal yang ga kalah keren, kendaraan tempur komodo ini asli produksi Indonesia loh, sama seperti binatang komodo yang hanya ada di Indonesia.
Berjejer beberapa kendaraan tempur taktis Komodo yang sedang dibuat di dalam hanggar PT. Pindad nih. Yuk kita ikuti proses perakitannya! Kendaraan tempur komodo ini asli dibuat sepenuhnya oleh para tenaga ahli dari Indonesia. Ga Cuma itu, tekhnologi Komodo juga ga kalah dengan kendaraan tempur sejenis buatan luar negeri. Jadi bangga kan?
Nah, saatnya masuk ke ruangan asembling,proses merakit kendaraan tempur Komodo dilakukan di sini. Mulai dari kegiatan las bodi dengan plat baja, pemasangan kaca anti peluru, jok dan ban kendaraan, hingga perlatan canggih di dalam cabin. Sama dengan kendaraan tempur lainnya, Komodo ini sudah dilengkapi dengan bodi terbuat dari baja yang tentunya anti peluru, sehingga mampu melindungi diri dari serangan musuh. Walaupun mempunyai bodi dari baja dan membawa perlatan yang tidka ringan, kendaraan taktis Komodo mempunyai akselerasi yang lincah, bahkan bisa bergerak dalam medan berlumpur, berpasir, jalur terjal dengan tanjakan 31 derajat dan mampu menjelajah hingga 450 kilometer. Akselerasinya yang cepat dan lincah  inilah yang menjadi keunggulan Komodo, jadi musuh dijamin bingung dan kewalahan kalo ngejar si Komodo ini.
Oke, kita lihat proses pemasangan kaki-kai komodo yuk! Kaki-kaki ini fungsinya sebagai poros penggerak ban dan tempat dipasangkannya sokbleker, jadi kalo ga ada kaki-kaki ini ban tidak akan terpasang. Sekarang lanjut ke pemasangan spring dan sokbleker. Ada yang tahu itu apa? Namanya sih sering kita denger kalo lagi di bengkel-bengkel, spring dan sokbleker ini adalah sejenis per yang membuat si Komodo nyaman ditumpangi, jadi ketika ada jalanan berlubang atau jalanan tidak rata, penumpang di dalamnya tidak merasakan guncangan yang keras. Komponen terakhir yang dipasangkan adalan ban. Nah, sekarang kita lihat proses pemasangan jok Komodo. Nah, jok yang dipasang ini disesuaikan dengan postur tubuh tentara kita. Jadi, ukurannya pas, tidak kekecilan dan tidak longgar. Hal ini diperhatikan demi memberikan rasa nyaman kepada bapak bapak TNI kita. Keren! Selain joknya nyaman, keamanannya juga dijamin karena setiap jok difasilitasi oleh sabuk pengaman atauseatbelt.
Ternyata,kendaraan taktis komodo ini dilengkapi dengan mesin diesel dengan 4 silinder, kekuatannya bisa disamakan dengan 215 tenaga kuda atau 2.300 RPM, sehingga di medan perang mampu menghasilkan kecepatan lebih dari 80 kilometer/jam. Mantap banget kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar