Selasa, 10 November 2015

Mesin Pembuat Kopi Dari Kota Milan

Mesin Pembuat Kopi Dari Kota Milan


Kita akan bahas tentang kopi bukan biji kopinya tapi mesin pembuatan kopinya. Mesin yang membuat kita sejago Barista kopi kelas dunia. Tradisi minum kopi memang ada dimana-mana di Italia juga ada. Kopi expresso adalah kopi kental dan pahit, sari dari biji kopi murni. Ekstrak atau sari kopi ini dihasilkan dari serbuk biji kopi melalui mesin kopi.
Expresso biasanya disajikan dalam cangkir kecil harga 1 cangkir kopi ini antara 15rb -60rb rupiah. Dan jika ingin tambahan susu dan kri coba jenis cappucinno, latte, atau makiato. Apapun jenis kopinya pasti buatannya pakai mesin kopi. Jadi tidak namanya kopi instant yang diseduh pakai air seperti di Indonesia.
Salah satu merk mesin kopi yang ternama adalah mesin kopi expresso roket. Terlihat mewah padahal mesin ini seluruhnya dibuat oleh manusia alias handmade. Pabrik mesin kopi roket terletak dipinggiran kota Milan tempatnya di Viale Dele Industri setala Milan. Tipe mesin kopi yang dihasilkan dipabrik ini bermacam-macam.
Semua komponen untuk membuat mesin kopi tidak buat disini. Tetapi semua sudah dipesan sesuai design yang ditetapkan dari perusahaan. Ada macam-macam komponen dalam 1 mesin, antara lain boiler atau ketel uap. Tempat air atau water reservoa, excenge hiter atau perubahan panas dan pompa rotary.
Yang bundar adalah komponen untuk ketel uapnya. Ukuran komponen tergantung tipe mesin, semakin besar ukuran mesin ketel uapnya akan semakin besar pula. Letakan semua pada tempatnya sesuai desaign yang telah ditentukan. Hubungan ketel dengan besi yang bernama Exchage Heater, lalu hubungkan dengan tombol pengatur suhu dan tekanan uap air dengan bagian depan.
Ketika tombol on dinyalakan secara otomatis ketel akan bekerja memanaskan exchange heater, lalu air akan menguap dan membantu proses ekstrak biji kopi. Ada juga komponen untuk pengatur suhu dan tekanan uap jadi panas. Dan tekan udaranya bisa kita diatur sendiri deh. Selanjutnya proses pengecekan, yang dicek adalah mesin tipe professional bentuknya lebih besar dan pastinya lebih berat. Tipe ini biasanya digunakan dikedai kopi atau restaurant. Cek langsung tekanan uap dan kemampuan untuk memanaskan air.
Setelah pengecekan pasang tangki air dibagian belakang mesin. Air ini yang akan diubah menjadi uap. Tempat air ini mampu menampung sebanyak 2 liter air. Jika sudah selesai tinggal pasang bodi atau rangka luarnya. Rangka mesin ini terbuat dari stainless steel jadi lebih tahan karat. Pasang baut-bautnya supaya tidak terlepas rangkanya, pasang juga aksessoris perlengkapannya. Sip 1 mesin selesai..!
Selanjutnya beri penutup dan kemas. Satu mesin kopi beratnya sekitar 27 kg harganya sekitar 15-20jt an. Woow kereeen..! Tinggal kirim keseluruh dunia, biasanya ke Korea, Amerika bahkan ke Indonesia. Mesin kopi expresso yang diproduksi di roket bermacam-macam harganya yang paling mahal adalah tipe professional sekitar 75 jt rupiah. Wooow..!
Sekarang kita kepembuatan kopi ala warung kopi alias kopishopp diMilan. Giling terlebih dahulu biji kopi dengan mesin glinder lalu ambil dengan alat yang bernama Temper. Pasang kemesin dan tinggal pencet settingannya, atur tekanan dan suhu yang diinginkan. Tunggu sekitar 3 menit siap deh kopinya..! meskipun memakai mesin kopi, tetapi kemampuan barista atau orang yang membuat kopi sangat mempengaruhi hasil akhir kopi. Karena brista lah yang akan mengetahui kehalusan hasil gilingan biji kopi, bahkan perbandingan uap panas dan kopi. Antara brista juga berbeda tergantung seleranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar