Kamis, 12 November 2015

Keren! Ada Karya Orang Indonesia Di Mobil Asal Amerika Ini


Udah pada tahu dong kalau hobi unyil yaa jalan-jalan keliling dunia, hehe..Masih ada di dunia bagian Asia nih, dimana lagi kalau bukan di Thailand.
Mobil colorado
Masih inget kan dengan pembahasan dunia pertanian dan kuliner unik di negeri Gajah Putih itu? Puas belajar pertanian dan jalan-jalan menikmati kuliner, sekarang waktunya Unyil belajar tentang teknologi. Kali ini sasarannya teknologi kendaraan jelajah yang ada di Thailand.
Yes! Unyil dapat kesempatan berkunjung ke Generals Motor Thailand. Kesempatan kali ini, Unyil melihat langsung proses produksi kendaraan mini truck bernama Colorado Chevrolet. Pabriknya berada di daerah Rayong, Thailand. Jika berangkat dari Bangkok, butuh waktu sekitar tiga setengah jam perjalanan dengan mobil.
Mobil Colorado
Mobil buatan perusahaan Amerika ini, banyak digunakan oleh masyarakat Thailand, baik untuk kendaraan penumpang, ataupun pengangkut barang seperti buah dan sayuran. Kalau di Indonesia, mobil yang terdiri dari bagian kabin dan bak terbuka ini banyak digunakan dalam kegiatan petualang ataupun pertambangan.
Mobil Colorado
Di dalam pabrik, Unyil bisa melihat langsung pembuatan mesin mobilnya. Mobil ini menggunakan mesin diesel. Definisi mesin diesel sendiri yaitu jenis mesin penghasil tenaga yang menggunakan sistem pembakaran oleh suhu panas dari kompresi atau sebuah tekanan kuat. Berbeda dengan jenis mesin lain yang pembakarannya melalui pengapian dari percikan api busi. Naah, Unyil baru tau juga, ternyata susunan inti mesin mobil ini hanya terdiri dari crank, head, dan block. Ketiga bagian itu dirakit deh dengan komponen penting lainnya.
Mobil Colorado
Hampir sebagian besar kegiatan di pabrik ini dilakukan dengan system robotic. Maksudnya, tenaga manusia hanya diperbantukan untuk melakukan kegiatan yang tidak berat. Kalau urusan mengangkat barang-barang berat, semua tugas dikerjakan oleh robot. Waaah….
Mobil Colorado
Selanjutnya, unyil berkunjung ke pabrik bagian-bagian lainnya. Seperti body shop, tempat pembuatan rangka dari plat besi. Di lokasi ini juga dibentuk bagian kabin dan bak belakang mobil. Lalu, unyil ke paint shop. Kalau tempat ini, banyak mobil-mobil yang lagi di cat.
Mobil Colorado
Lagi-lagi yang ngecat itu robot loh! Setelah itu unyil ke tempat perakitannya. Produk mobil akan utuh ketika sudah ada pada bagian ini. Setiap komponen mobil akan dirakit satu persatu.
Bagian sasis atau rangka dasar yang menjadi letak seluruh komponen akan disiapkan. Kemudian letakkan mesin mobilnya di bagian depan. Dengan robot otomatis yang sanggup mengangkat beban ratusan kilogram, rangka bagian kabin dan bak belakang akan diturunkan dan dipasang pada sasis.
Mobil Colorado
Jangan lupa, pasang keempat ban nya juga. Naah, terakhir, interior mobil akan dipasang dengan rapi. Seperti kursi, karpet, perangkat audio, kaca, dan label mobil. Mini truck Colorado, siap dipasarkan. Hebatnya, dalam pembuatan mobil ini, setiap proses pembuatan komponen apapun, harus benar-benar di cek dengan baik. Tujuannya, agar menghasilkan mobil yang berkualitas dan sesuai standar dunia.
Perusahaan yang sangat memperhatikan keselamatan pengguna ini, melakukan banyak pengetesan sebelum melepas mobil ke pasaran. Diantaranya, uji kebocoran saat disiram air dari berbagai arah. Lalu uji kecepatan dengan mengendarai mobil secara meliuk dengan kecepatan tertentu. Dan pengujian kenyamanan dengan melewati rintangan seperti gundukan pada jalanan.
Mobil ini memang bukan satu-satunya jenis mini truck di Thailand. Tapi, hanya mobil ini yang pernah dinobatkan sebagai model kendaraan mini truck terbaik di Thailand. Bahkan, di tahun 2013, puluhan ribu Colorado, laku keras di pasaran. Hal ini tak lepas dari teknologi yang ditawarkan pada colorado.
Mobil Colorado
Sesuai prinsip perusahaan yang mengutamakan penuh terhadap keselamatan penumpang, di mobil ini dilengkapi dengan satu tombol. Jika ditekan, mesin hanya akan mulai menyala saat kopling ditekan seratus persen penuh. Hal ini untuk menghindari resiko lupa menetralkan gigi mobil yang dapat mencelakai orang lain. Kecanggihan lainnya, mobil ini juga bisa memberikan bunyi peringatan jika kecepatan melebihi batas yang telah ditentukan daerah masing-masing. Untuk masalah hiburan, melalui handphone, siaran radio dunia bisa langsung terkoneksi dengan perangkat audio mobil. Dimanapun kita berada, bisa mendengarkan radio sesuka hati dari negara manapun. Meski bertenaga tangguh, kendaraan ini ternyata bisa juga menghemat bahan bakar. Agar solar yang digunakan saat proses pembakaran pada mesin tersaring lebih baik, mobil ini juga dilengkapi dengan filter solar ganda pemisah air.
Dibalik sebuah desain yang keren, teknologi yang canggih, bahkan kekuatan yang tangguh, ternyata kehadiran Colorado juga merupakan hasil karya anak negeri Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar