Selasa, 10 November 2015

Kerajinan Benang Emas Damasquinados

Kerajinan Benang Emas Damasquinados


Jalan-jalan ke Negara Spanyol tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi kota Toledo.  Jaraknya hanya 70 km kearah selatan Kota Madrid ibukota Negara Spanyol. Warisan dari kota Toledo adalah kerajinan dari benang emas dan baja. Kota Toledo adalah kota cagar budaya warisan dunia dari UNESCO sejak tahun 1986.  Berasa kembali ke masa abad pertengahan jika melihat Kota Toledo. Kota kecil yang berukuran 232,1 km persegi, kota Toledo pernah menjadi ibukota Spanyol. Sejak zaman Ghotik diabad ke6 hingga tahun 1560.


Menuju warisan budaya, disini banyak pengerajin sedang mengerjakan kerajinan benang emas dan perak yang disebut Damaskinados/ damaskin. Sebuah seni yang diadaptasi dari kota Damaskus di Negara Suriah. Maka banyak bentuk dan hiasan Damaskin Toledo yang  bernuansa Arab. Bahan bakunya adalah benang emas atau lempengan tipis kertas emas dan baja hitam.
Cara mengerjakannya sangat sederhana, ambil beberapa lempengan baja yang sudah dipotong sesuai yang diinginkan. Potong baja yang sudah diukir letakan diatas landasan kayu, yang sudah dilapisi getah dan landasan kayu ini sebagai penopangnya.
Proses pertama penatahan pahat benang emas keatas lempengan baja dengan lembut dan hati-hati. Sampai seluruh permukaan lempeng baja tertutupi. Sekarang lempeng baja sudah ada hiasannya. Hiasannya berupa pola geometris bernuansa Arab, burung, bunga hingga pemandangan kota tua Toledo. Keren kan..!


Lanjut proses pemerataan gunakan pahat yang lebih lebar permukaanya. Ratakan dan rapihkan permukaan hasil pahatan. Agar hiasan benang emas terlihat lebih berkilau dan timbul masukan keproses pencelupan. Baja hitam yang sudah terukir rendam dengan larutan soda kuastik dan kalium nitrat, ada suhu 800 derajat Celcius.  
Proses mengoksidasi logam agar warnanya menjadi hitam legam. Selegam kain beludru hitam, sehingga lebih menonjolkan desaign emas. Yang menjadi ciri khas Damaskin. Setelah itu jangan lupa rendam air agar suhunya turun, setelah itu baru poles lagi.
Tahap terakhir pengerajin tinggal mengukir dan memoles ukiran benang emas. Kemas dan pajang digaleri seni. Harga hiasan Damaskin ini mulai dari 40 euro samapi ratusan ribu euro. Harga yang pantasuntuk sebuah karya seni. Ada berbagai macam bentuk mulai dari gelang, liontin, kalung, pring hias, bros dan kotak pajangan.


Ada harga yang lebih murah untuk alternative lain dari seni Damaskin ini, beli Damaskin buatan pabrik pakai proses mencetak dengan mesin. Dan harganya jauh lebih murah. Cara mencetak Damaskin susun lempengan emas tipis diatas baja hitam. Hingga semua permukaan lempeng tertutup, press /tekan dengan alat cetak yang sudah ada motif hiasannya angkat alat cetak selesai. Masukan dalam bentuk kaca tinggal potong denga mesin pemotong bros dan liontin siap dijual. Lihat pengunjung dari Negara lain pasti tertarik ingin memiliki hiasan Damaskin yang indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar