Selasa, 10 November 2015

Pabrik Pembuatan Motor Sport KTM RC-390

Pabrik Pembuatan Motor Sport KTM RC-390


Moto-Tri adalah kelas balap motor dengan kapasitas CC mesin paling rendah. Pembalap hebat seperti Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Jorge Lorenzo memulai debut balapnya di kelas ini. Sekarang Unyil mau mengajak teman-teman melihat perakitan Motor Sport KTM dari daerah Kedah, Malaysia yang digunakan dalam kelas Moto-Tri.
motor KTM + Malaysia
Proses perakitan Motor Sport di pabrik ini menggunakan system CKD (Completely Knock Down) yang artinya adalah semua bagian motor sudah tersedia dan tinggal di rakit saja, sebab semua bagian motor langsung dikirim dari pabrik KTM India dan Austria.
Pertama, siapkan komponen listrik yang terbagi menjadi regulator untuk menyalakan lampu dan komponen listrik untuk pengapian mesin. Pasang komponen listrik motor pada sasis atau rangka motor, kemudian pasang juga komponen motor lainnya seperti shock breker dan lengan ayun bagian belakang. Sistem transmisi yang terdiri dari tuas parsneling, gear box, rantai, garpu depan, setang kemudi, dan roda-roda beserta sistem pengeremannya. Semua proses ini dikerjakan secara manual supaya terjaga ketelitiannya.
motor KTM + Malaysia
Motor sport RC-390 ini menggunakan mesin empat tak satu silinder. Meskipun ukurannya kecil dan ringan namun mesin ini mampu menghasilakan tenaga hingga 44 horse power pada putaran 9500 R-P-M, serta menghasilkan torsi maksimum sebesar 35 newton meter pada putaran 7250 R-P-M. Mesin berkapasitas 375 cc ini juga dilengkapi dengan sistem cairan pendingin serta sistem injeksi bahan bakar elektrik terbaru.
motor KTM + Malaysia
Setelah mesin terpasang, selanjutnya tinggal memasang dashboard penutup bodi, spakbor depan dan belkang, jok tempat duduk, serta bagian aksesoris lainnya. Sebelum dicoba diatur terlebih dahulu dengan sistem A-B-S yang berfungsi untuk pengereman darurat tanpa mengunci roda. Kemudian diatur juga dengan sistem E-M-S yang berfungsi untuk menghasilakn tenaga dan kecepatan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.
Berbeda dengan motor sport pada umumnya, pipa knalpot RC-390 ini dibuat tersembunyi dibawah mesin sehingga tidak mengganggu penampilan motor dan memberikan kesan aerodinamis. Nah, bagi yang berminat dengan motor RC-390 ini harganya sekitar 28 ribu ringgit atau sekitar 100 juta rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar