Xiaomi Ulang Tahun Ke 5
Ulang tahun Xiaomi ke 5, ini fakta-fakta menarik
Xiaomi Ulang Tahun Ke 5
HargaTop.com – Xiaomi genap berusia 5 tahun. Produsen smartphone asal Tiongkok yang kerap dijuluki ‘Apple of China‘ ini didirikan pada 6 April 2010 oleh pengusaha bernama Lei Jun, yang kini menjadi pimpinan dan CEO perusahaan. Tidak dapat dipungkiri, melalui serangkaian produk termasuk Redmi 1S, Redmi Note, Mi4, dan lainnya, Xiaomi sukses menjadi produsen smartphone nomor satu di Tiongkok dan nomor tiga dunia dalam waktu singkat.
Salah satu ciri khas Xiaomi adalah menghadirkan produk yang dibekali spesifikasi premium dengan harga murah. Hal ini terbukti cukup efektif dan berhasil memboyongnya menjadi produsen smartphone yang diperhitungkan. Selain itu, ada 5 fakta menarik tentang Xiaomi yang dibagikan olehIBN Live (6/4/2015) di hari ulang tahunnya.
Nama Xiaomi
Nama Xiaomi, dalam bahasa Mandarin, mengandung arti beras kecil. Xiao artinya kecil, mi berarti beras. Untuk memudahkan konsumen mancanegara dalam pengucapannya, VP Xiaomi Hugo Barra memberi tips sederhana. “Coba ucapkan ‘show me‘, dan kemudian ganti pengucapan kata pertamanya seolah-olah itu adalah ‘shower‘.”
Kemudian terkait logo ‘MI‘ yang digunakan perusahaan. Ternyata logo tersebut merupakan kependekan dari Mobile Internet, namun perusahaan mengatakan bahwa MI juga memiliki sejumlah arti lainnya. Salah satunya adalah ‘Mission Impossible’, karena begitu banyak tantangan dan kritik saat Xiaomi didirikan, juga keraguan bahwa perusahaan dapat mencapai tujuannya.
Maskot Xiaomi
Sebuah kelinci bernama Mitu yang mengenakan Ushanka (topi Lei Feng) menjadi maskot Xiaomi. Pada topi kelinci Mi terdapat sebuah bintang merah dan syal merah mengelilingi lehernya.
Apple of China Xiaomi seringkali dijuluki ‘Apple of China’. Julukan tersebut diberikan terkait semangatnya yang mirip dengan Apple di Amerika. Selain itu, pimpinan dan CEO Xiaomi, Lei Jun, juga dijuluki ‘Steve Jobs of China’. Begitu pula kebiasaannya menggunakan kaos hitam seperti Jobs.
Koneksi Google
Ternyata, ada tiga dari 9 posisi top di Xiaomi yang diduduki oleh mantan karyawan Google. Mereka adalah Lin Bin (co-founder dan presiden), Hong Feng (co-founder dan wakil presiden), Hugo Barra (wakil presiden).
Antara profit dan pendapatan
Meskipun pendapatan Xiaomi termasuk besar, namun ternyata perusahaan hanya memperoleh profit sangat sedikit. Hal ini berkaitan dengan ‘tradisinya’ untuk menghadirkan ponsel kelas premium dengan harga murah.
Sebagai contoh, di tahun 2013 perusahaan mendapat keuntungan US$56 juta dari total pendapatan US$4,3 miliar.
Terkait dengan ulang tahunnya, Lei Jun juga menginformasikan melalui blog resmi perusahaan bahwa Xiaomi telah berhasil menembus angka penjualan 100 juta unit di bulan Maret 2015. Namun, perusahaan tidak menutup mata bahwa lima tahun mendatang adalah waktu yang sangat krusial baginya, terutama karena semakin ketatnya persaingan dari kompetitor lokal maupun luar, serta maraknya ‘pemain baru’ di dunia smartphone. Xiaomi Mi Note dan Mi Note Pro menjadi duo ponsel andalan yang diharapkan dapat meningkatkan angka penjualan lebih tinggi.
Untuk pasar Indonesia, Xiaomi baru saja secara resmi meluncurkan Redmi 2. Ponsel dual 4G dengan prosesor 64 bit tersebut akan dipasarkan mulai besok, 8 April 2015 – pukul 11 siang, melalui situs e-commerce Lazada. Xiaomi Redmi 2 dibanderol harga jual Rp 1,599,000.