Selasa, 10 November 2015

PABRIK KERAJINAN KERANG MD SHELL

PABRIK KERAJINAN KERANG MD SHELL


Indonesia memang kaya akan hasil lautnya. Dari keindahan bawah lautnya hingga tumbuhan dan hewan yang hidup di dalamnya. Salah satu hewan yang hidup di dalam perairan Indonesia adalah kerang. Kerang adalah hewan air yang bertubuh lunak dan dilindungi oleh cangkang. Banyak manfaat yang dapat diambil dari kerang. Dari dagingnya, hingga cangkangnya lho!
Salah satu pabrik di Kota Cirebon, Jawa Barat memproduksi kerajinan dari kerang yang sangat berkelas. Banyak kerajinan dari cangkang kerang yag di produksi di pabrik ini, seperti tempat lilin, lampu hias, guci, peralatan dapur, kursi, sofa dan juga furniture lainnya. Harganya bervariasi, dari puluhan ribu hingga puluhan jutaan rupiah! Bahkan kerajinan ini juga sudah menembus pasar luar negeri seperti Eropa dan Amerika lho! Hebat!
Cangkang-cangkang kerang ini sebagian besar di dapat dari nelayan pencari kerang di daerah pantura. Selain itu cangkang-cangkang kerang ini juga di dapatkan dari limbah pabrik daging kerang dan rumah makan seafood. Cangkang kerang yang digunakan adalah berjenis simping yang mana kerang ini memang banyak terdapat di perairan Indonesia. Cangkang kerang simping ini juga memiliki tekstur yang unik, warna yang terang dan tergolong kuat sehingga cocok untuk dijadikan bahan baku kerajinan.
Pertama, cuci cangkang kerangnya terlebih dahulu. Menyucinya pakai mesin molen karena cangkang kerangnya banyak. Setelah dicuci bersih, baru kelihatan kualitas dari cangkang kerang simping. Cangkang kerang simping yang berkualitas bagus adalah cangkang yag kuat atau tidak retak serta mempunyai motif dan warna yang unik sehingga mudah diolah menjadi aneka kerajinan yang cantik.
Cara mengolah cangkang kerang ini menjadi tempat lilin bermotif bunga sangat gampang kok. Pertama, potong cangkang kerang mengikuti pola kelopak dan mahkota bunga yang sudah disiapkan. Setelah itu gosok permukaan cangkang agar lebih halus dan terlihat transparan. Proses berikutnya adalah pemasangan Lis dari kawat tembaga. Selanjutnya, tinggal dirangkai agar menjadi sekuntum bunga yang utuh. Proses terakhir adalah pewarnaan. Pilih warna yang sesuai dengan selera anda. Setelah itu, diamkan sebentar agar mengering.



Jadi deh, tempat lilin bentuk bunga yang sangat cantik. Selain dapat digunakan untuk mempercantik ruangan, tempat lilin ini juga bisa sebagai aroma terapi. Tinggal tambahkan lilin aroma terapi. Keren kan?

2 komentar: