Selasa, 10 November 2015

Pabrik Kerajinan Pedang Moor

Pabrik Kerajinan Pedang Moor


Pedang matador asli loh buatan kota Toledo. Tidak hanya pedang matador saja tetapi ada pedang-pedang yang lainnya. Mulai dari pedang khas Damaskin yang bernuansa arab atau moor. Ada juga pedang-pedang permainan untuk para matador, ada juga samurai di Spanyol. Meski buatan pabrik tapi pembuatannya sangat teliti benar-benar karya seni yang bernilai tinggi. Harga jualnya juga tinggi berkisar ratusan hinga ribuan euro. Kereeen…!
Pabrik pedang marto ini ada dipinggiran kota Toledo, pabrik ini memiliki group bisnis San Marto yang lahir sejak 1961. Pabrik ini pernah menjadi markas besar dan pusat persenjataan nasional dinegara Spanyol. Juga menerima pesanan senjata dari Negara-negara lain diseluruh dunia. Hebatkaaan..!
Bahan baku yang dipakai adalah baja karbon, yang merah membara saat dibakar dan baja tahan karat. Proses awal bermula dari pemotongan baja dengan mesin dialiri air yang tekanannya sangat deras. Susunlah bilah-bilah pedang yang sudah terpotong diconveyor, bakar lagi dengan mesin pembakar  bersuhu kurang lebih 1000 derajat.
Setelah itu masukan dalam mesin pendingin, besi langsung menurun suhunya. Pembakaran dan pendinginan ini yang memberikan keelastisan molekul baja. Karena itu pedang moor buatan Toledo elastic, dan tahan karat. Lanjut kita cek ketipisan pedang dengan mesin. Uji kelenturan juga pedang bisa melengkung stengah lingkaran.
Masuk keproses pembentukkan, cuci bilah pedangnya. Mesin akan membentuk design pedangnya secara otomatis, bersihkan dengan semprotan udara. Runcingkan pedang dengan mesin, percikan apinya cukup berbahaya. Maka seluruh proes pembuatan pedang para pekerja wajib memakai kacamata pelindung. Bilah pedang baja karbon telah selesai.
Agar terhindar dari korosi alias karat celupkan kedalam larutan campuran nikel, tembaga, dan krom pasti panas lalu dinginkan dengan air bersih. Tingggal member hiasan pada pedang dan merk, kalau dari pabrik ini bernama Marto. Hiasan biasanya berbentuk stiker, kemudian tempelkan ke permukaan pedang, lepaskan dan poles hingga stiker hiasan benar-benar menyatu dengan pedang.
Celupkan pedang yang sudah dihias dengan cairan krom, lalu cuci bersih. Gagang pedang biasanya terbuat dari cairan logam, lalu cetak pada alat pencetak. Lalu celupkan lagi pada campuran nikel, tembaga dan krom atau emas tinggal rakit sesuai design, pedang siap dijual.
Baju zirah besi yang kuat dan berat juga dibuat dipabrik ini, pembuatanya hampir mirip dengan pedang moor. Tetapi banyak memakai tenaga manusia, karena designnya yang lebih rumit. Gimana tertarik dengan pedang Toledo yang indah. Datang ke Spanyol ya teman…!

1 komentar: